3 bulan masa isolasi? (1)



Aku sudah cukup handal untuk mengatasi bagaimana menghabiskan waktu seharian di kamar. Pas CAPD kemaren, dalam seminggu. Aku bisa menghabiskan 3-4 hari hanya dirumah. Keluar cuma makan dan rapat Hello. Selebihnya benar benar dirumah. Nonton yutub, nonton film, baca buku, dan tidur.

Tapi menjalani seminggu pertama di RS, dan 5 hari dirumah pasca transplantasi cukup berbeda. Luka jaitan yang masih sakit (sepanjang kurleb 30cm) yang melintang di sisi kanan perutku bikin aku agak kesulitan ngapa ngapin. Terutama untuk bangun dari tempat tidur. Diperparah dengan kondisiku yang harus ke toilet tiap jam. Kenapa harus tiap jam? Ginjal baruku lagi adaptasi, jadi aku selalu kebelet pipis tiap jam. Apalagi aku minum sampe 3 liter.

Aku bangun dari tempat tidur dengan cukup susah payah. Ketika harus bangun pake otot perut. Rasanya lukaku mau kebuka lagi, hekkke... Jadi aku harus pinter pinter cari cara buat bangun tanpa rasa sakit yang cukup menyiksa.

Selain kesulitan bangun, aku juga kesulitan buat masang sprei tiap pagi. Sebenernya sih bisa dikerjain orang lain. Bisa adek, bisa ayah. Tapi aku lebih suka masang sendiri. Emang hobiku tuh liat sprei rapih. Jadi aku nggak suka kalo yang masangin orang lain trus ada kerutan sedikitpun. Hahaha....

Beresin kamar. Emang nggak berat sih..tapi kalo pas ada rambut gugur sehelai, serpihan kerupuk, potongan kecil keju, nasi sebutir, tetep aja harus disapu. Tisu tisu yang suka buat ngelapin tangan. Semua aku beresin sendiri tiap pagi. Hasilnya, ngos ngosan.

Jadwal minum obat.
Duh, aku minum obat sehari. Hmmm.... sebelum makan, setelah makan, 1 jam stlah sarapan, lanjut jam 9, trus jam 10. Terus lanjut lagi stgah jam sblum makan malam jam stgah 6, jam 7 setelah makan malam, jam 9 dan jam 10. Jadi sekitar 8 kali dengan total 20 butir obat. Ini harus tepat waktu. Haaaruuus.

Selain kamar, 12 hari pertama ini aku udah ke UGD RS Awal Bross. Ini akibat insiden “kassa basah”. Jadi, sebelum pulang dari RSCM. Dokter uronya bilang aman buat mandi guyur. Suster juga bilang bisa shampooan. Ya udah, sampai rumah, aku langsung mandi, sampoan. Enak banget setelah selama 7 hari Cuma dilap suster. Pas selesai mandi, eh... kok kayaknya basah ya kassanya? Aku buka sedikit plester plastiknya, dan bener, kassanya basah L Akhirnya aku buru buru makan dan ke UGD RS terdekat. Ngantri dari jam 8 sampe jam 10 baru selesei ditanganin.  Selain UGD, juga udah ke LAB Prodia buat cek lab. Yang bakal kubawa hasilnya untuk kontrol dengan profesor senen besok. Dan yang paling menyenangkan adalah, kemaren ke TOTAL, beli beberapa belanjaan. Tapi cukup deh, nggak mau lagi ke TOTAL 3 bulan kedepan. Besok besok sandi atau ayah aja yang belanja di sana.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kak bisa mnta no wa or email ?
    Mau crta nih kak , penting.

    Kalau boleh. Lgsg wa aq y kk d 085641922293 atau email ke putridwim@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer