Ayunan umur 20-an

Gak kerasa, udah hampir enam bulan berstatus sebagai editor fiksi di salah satu penerbitan terbaik di Indonesia. Tinggal 12 hari lagi, tapi kalau dihitung masa kerjanya malah cuma 8 hari hari lagi, uoo.. gak berasa banget lah ya. Tau-tau udah 6 bulan. Kontrak bakal berakhir di tanggal 7 April, di hari Senen. Aku juga udah mutusin untuk gak lanjut lagi. Kenapa? Ya, sebenernya aku belum puas kerja disini, masih ada banyak hal yang pengen aku dapet disini, salah satunya pengen nerbitin buku disini, haha.. tapi kayaknya ada hal lain yang harus aku kejar. Dan memang sepertinya, sekarang .. waktu yang tepat untuk keluar dari zona nyaman.
crazy monkey 061           crazy monkey 127            crazy monkey 107

Jadi, hidup di usia 20-an awal itu emang masa kritis dari sebuah transisi kehidupan. Masa dimana semua cita-cita, rencana hidup bakal kamu jalanin. Kalau yang dulunya ambil S1 kedokteran, sekarang lagi pada koas, yang kemaren ambil farmasi, sekarang lagi ambil profesi, yang kemaren ambil fakultas hukum, sekarang lagi sibuk cari pengalaman di perusahaan atau lemabaga jasa pengacara. Nah, yang lulusan sastra, semacam aku ini, masih bisa melenggang bebas milih jalur hidup. Mau jadi pegawai bank, bisa. Jadi pegawai negeri sipil, boleh, jadi guru, silahkan, buka toko, gak ada yang larang.
crazy monkey 059              crazy monkey 068               crazy monkey 059

Pas jaman sebelum lulus kuliah, ntah kenapa aku gak kepikiran kerja. Sampe ber-azzam, kalo gak keterima kerja jadi editor di Bentang Pustaka, aku gak mau kerja (inipun karena tertantang ucapan salah satu kakak kelas yang bilang kerja di Bentang Pustaka itu sulit). Ya iyalah ya, emang dikira masuk sana gampang?

Flashback bulan mei awal 2013. Waktu itu, sepulang dari Belgia (Ikut festival internasional disana), aku langsung buru buru ke penjahit buat bikin baju wisuda. Itu h-2 sebelum hari wisudanya. Ah aku itu kurangnya di multitasking, lemah iman, gampang nunda lagi. Tipikal orang yang agak sulit buat ngerjain banyak hal dalam satu waktu. Jenis orang yang terlalu fokus kalo ngerjain sesuatu, kalo di campur-campur gitu malah gak bisa, gak bisa saya. Berbekal kesombongan keberuntungan selesai kuliah umur 20 tahun (11 bulan), mama ngajak jalan-jalan sekeluarga ke bali. Standar sih buat banyak orang yang biasa liburan ke disneyland ke singapore atau australi :p hhee.. Tapi tetep aja itu momen terbaik sepanjang aku hidup, saat dimana kita sekeluarga bener-bener ngabisin waktu sepuluh hari lebih tanpa ada yang mikirin kerjaan atau sekolah.

cheerleader pink mouse    graduation pink mouse  cheerleader pink mouse

Sepulangnya dari liburan, orang tua balik ke Bengkulu dan aku mutusin buat tetep stay di jogja sebentar, palingan sebulan, niatnya mau belajar bahasa inggris, belajar toefl di Swift English. Sebulan setelah les, aku pulang ke Bengkulu, puas-puasin beribadah(liburan) selama bulan puasa bareng keluarga. Tiba-tiba, telepon dari HRD Bentang Pustaka masuk, aku lolos berkas buat jadi editor bentang. Berhubung aku lagi di Bengkulu, jadi aku minta keringanan untuk tes wawancara dua minggu setelah lebaran, itupun kalau boleh. Alhamdulillahnya gak papa. Yasudah, aku menyelesaikan sisa liburan dengan sedikit tenang. Asik.. liburan dapat, kerjaan nunggu( padahal belum tentu keterima, sebenernya).


water skiing pink mouse     sleep pink mouse     scooter pink mouse


Dua minggu setelah lebaran. Aku balik lagi ke Yogyakarta, tes wawancara, eh, alhamdulillahnya keterima(aku bilang sih ini sebuah keberuntungan :p ), tapi masih nunggu 1 bulan lagi baru bisa masuk. Si Ayah karena tahu aku gak ngapa-ngapain sebulan malah nyuruh balik dulu ke Bengkulu, tapi kan sayang duitnya, sayang duit tiket pesawatnya. Akhirnya aku betah-betahin dan nunggu hari pertama kerja. Jadinya sebulan kerjaan di jogja cuma guling guling dan ke toko buku.

crazy monkey 115            crazy monkey 116          crazy monkey 115

Saat itu aku emang belum kepikiran ambil s2. Ada keinginan, tapi pengennya s2 diluar negeri, rasanya males dan gak berselera aja kalau s2 di Indonesia. Bukan karena kualitas atau apa-apa yah, cuma aku emang orangnya gampang bosenan, apalagi jogja udah terlalu nyaman buat aku tinggalin. Kan motivator pada bilang, ‘ Kalau mau memaksimalkan kemampuan, kamu harus keluar dari zona nyaman.’ Nah, Yogyakarta dan sekitarnya ini zona nyamanku.

 crazy monkey 081         crazy monkey 081

Sebulan kerja, aku masih keteteran sama kerjaan ku sebagai editor baru. Aku bener bener berasa makan gaji buta. Walapun setiap hari pulang sampe magrib, tetep aja berasa belum puas sama apa yang aku kerjain. Sampai dua bulan pertama, aku bener-bener nikmatin pekerjaan, begini rasanya jadi workaholic :D Pulang kerja makan bareng temen-temen kantor yang juga sama sama gila kerja.  Tiga bulan berlalu, semuanya masih sangat menantang. Rasanya pengen ngekos aja di kantor, saking senengnya baca naskah.  Nyampe rumah aja langsung ngidupin laptop buat baca baca naskah lagi, pokoknya heroic banget lah.

          shooting soldier baby                shooting soldier baby              shooting soldier baby

Masuk bulan ke empat, aku mulai ngerasa gak fokus lagi. Ada hal yang bikin aku gak fokus, bukan temen-temen kantor, adalah, hehe.. Aku jadi males-malesan dan mulai ngerasa fokus di pekerjaan jadi berkurang. Masuk di bulan kelima, jadi makin menjadi. Mana kerjaan makin lama makin gitu-gitu aja. Terus ada hal yang bener-bener bikin ketertarikanku buat kerja berkurang. Aku pengen s2 keluar negeri. Aku pengen s2. Aku pengen jadi mahasiswaaa..

big eye leaf        cry leaf      wailing leaf

Dibulan kelima itu juga aku langsung mutusin buat gak akan lanjut kontrak kerja di bentang pustaka. Aku langsung ngadep HRD dan bilang aku gak bisa lanjutin kontrak karena aku mau lanjut s2. HRD sama manajer ngerti alasanku. Izin resign untuk cabut setelah bulan ke 6 sudah ditangan. Aku langsung bilang ke Ayah kalau mau ikut les IELTS yang harga masuknya hampir 4 juta. Setelah berhasil menyakinkan Ayah kalau anaknya ini pengen s2,  aku langsung daftar masuk IELTS.

crazy monkey 210              crazy monkey 106            crazy monkey 210

Seperti yang aku bilang di awal, umur 20-an awal itu emang masanya ombang-ambing, baru kemaren pengen s2, tiba-tiba pengen coba ikut pertukaran pemuda di Kanada, terus tiba-tiba balik lagi pengen s2 diluar negeri. Dan sekarang? Sekarang udah berubah lagi. Aku pengen ikutan homestay(semacam pertukaran budaya) di Eropa.
shy leaf      shy leaf

Rasanya emang masuk belum ada yang kuat keyakinannya. Tapi aku yakin buat ke Eropa tahun ini juga, paling lama bulan September awal deh, buat penyesuaian juga sebelum masuk musim dingin. Yup, aku udah bener-bener yakin buat ikutan homestay ini. Waktuku buat nyari family emang gak lama, Cuma sebulan. Karena aku pengen nyiapin semuanya sebelum aku liburan panjang di Bengkulu. Pas seblum bulan puasa. Sama kayak tahun kemaren lah, ngabisin sebulan penuh di rumah, surga banget udah..

dance with me crazy rabbit                taichi crazy rabbit              moving crazy rabbit            dance with me crazy rabbit


Jadi, rencanya, sembari ikut les IELTS (aku yakin someday pasti kepake ilmunya, pasti) , aku sekarang juga udah nyari-nyari host family (calon keluarga di Eropa) . Deadlinenya sih nanti bulan April itu udah kelar semuanya. Mei selesai les, berbarengan dengan aku juga selesai ngurusin asuransi, visa dan tiket pesawat. Jadi pas pulang ke Bengkulu akhir Mei udah tenang, udah selesai semua urusan.  Terus, selama di Bengkulu bulan Mei itu, aku bakal coba buka usaha di Bengkulu, ad sih beberapa opsi, nanti kalau udah beneran jadi aku kasih tau. Hehe.. Nah, dari bulan Juni, juli, agustus, sambil bangun usaha itu, aku mempersiapkan diri untuk berangkat ke Eropa lewat Jakarta.

challenger soldier baby            challenger soldier baby


Ah, itu sih rencana sekarang, gak tau besok berubah lagi atau nggak. Yang jelas, aku percaya, tidak merencanakan, berarti merencakan kegagalan. Jadi, minimal aku berencana untuk tidak gagal.

crazy monkey 057           crazy monkey 057       crazy monkey 057




ditulis  setelah  shalat ashar.
seusai berayun-ayun  diayunan.
dan diayun-ayun masa depan.
crazy monkey 031

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer