Mimpi yang terealisasi adalah PRESTASI

saya kembali merasakan sengatan dunia.

saat itu, ketika saya mendapatkan tiket kesempatan untuk bertemu dengan orang hebat se-Indonesia, dengan usia yang relatif sama-17 sampai 23- berkumpul dari seluruh Indonesia di Jakarta.

entah kapan dan dari siapa, saya mendapatkan info tentang Indonesian Youth Conference 2010. Setelah apply essai dan CV selama 1 tahun, akhirnya sebuah e-mail balasan inilah yang membuat saya bisa ke Jakarta untuk pertama kali dengan biaya -bukan dari orang tua-.

Hal yang paling saya syukuri saat itu hanya hal sepele. Seperti : akhirnya, saya bisa menginjak jakarta( karena selama ini jakarta hanya sebagai tempat transit menuju Jogja). Akhirnya, saya bisa ke Jakarta tanpa biaya dari orang tua, dan karena transport pulang-pergi ditanggung penyelenggara, saya memeutuskan untuk pulang ke kampung halaman dengan biaya gratis, maka Akhirnya, saya bisa pulang ke Bengkulu tanpa biaya dari orang tua. Akhirnya-akhirnya yang lain malah lebih sepele lagi. Akhirnya bisa menikmati tidur di hotel dan makan enak gratis. -_-'

Kepergian keJakarta hanya saya anggap sebagai jalan-jalan atas tiket gratis saja. Belum terpikirkan secara jelas bagaimana bentuk acara IYC 2010. Yang jelas, seminggu di Jakarta, dan taraa..pulang keBengkulu.
Karena niat saya memang pulang ke Bengkulu, saya membawa barang yang akan saya bawa keBengkulu, karena kebetulan, saya juga akan menikmati 3 bulan liburan.( Libur semesteran-termasuk bolos seminggu-libur puasa-libur pasca lebaran). Barang-barang itu mulai dari baju-bajuan, laptop sampai biola. Ya, tidak mungkin saya meninggalkan biola karatan 3 bulan tanpa disentuh(walaupun ternyata di Bengkulu juga tetap tidak tersentuh).

Dengan segala kerepotan saya menjadi delegasi Bengkulu untuk acara IYC 2010.

" Indonesian Youth Conference (IYC) adalah sebuah kegiatan yang direncanakan dan diselenggarakan oleh pemuda, yang bertujuan untuk mengumpulkan pemuda Indonesia untuk berbagi masalah dan ide, meningkatkan kepedulian mereka terhadap isu-isu terkini serta meyakinkan masyarakat bahwa suara pemuda harus didengar dan ditanggapi dengan serius.

IYC terdiri dari dua kegiatan yang saling berkesinambungan:

  • FORUM

    Forum IYCKami akan mengundang 33 pemuda berusia 15 sampai 21 tahun dari seluruh Indonesia untuk mewakili provinsi mereka masing-masing di acara ini. Pemuda-pemuda tersebut diharapkan terlibat secara aktif di komunitas dan jaringan masing-masing, bertekad membuat perubahan menuju Indonesia yang lebih baik, dan mau memulai suatu gerakan atau proyek di komunitas mereka. IYC akan mengorganisir beberapa sesi seminar dan lokakarya untuk memupuk kemampuan kewirausahaan mereka yang akan memaksimalkan potensi mereka dalam menjadi agen perubahan.

    Proses penerimaan aplikasi untuk menyeleksi duta-duta muda ini telah berakhir. Nama-nama perwakilan provinsi yang terpilih rencananya akan dirilis pada akhir Maret 2010.

    Forum akan kembali diadakan pada tahun 2012 mendatang. Informasi lebih lanjut mengenai Forum bisa dilihat di http://indonesianyouthconference.org/program/forum


Setelah hampir satu tahun menjadi almamater IYC 2010, yang menjadi mimpi saya ke-43.
Hari ini saya sadar, sudah banyak mimpi-mimpi yang Allah izinkan untuk saya raih. Mimpi ada dalam forum internasional yang saya targetkan pada pertengah tahun 2011-dengan mengikuti One Young World di Swiss, telah dimulai dengan keberangkatan saya keluar negeri, walaupun belum luar-luar yang ada saljunya, saya berhasil berangkat ke Malaysia dengan tim Kesenian Jurusan ke Festival Of Colour Of the World dan mendapatkan "Best International Group" dan "Best Music Award". Bukan hanya itu, sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui saya rasakan ketika saya juga lolos dalam seleksi AYFN (Asean Youth Friendship Network) yang juga diselenggarakan di Malaysia.

Pemuda memiliki hak untuk bermimpi, dengan iringan kewajiban untuk membuatnya menjadi kenyataan.

saya jadi kembali tertarik dengan forum-forum internasional, Ada banyak diluar sana. Ada One Young World, ada Global changemaker.

Saya harus berani menuliskannya dalam deretan mimpi-mimpi saya selanjutnya.

Jika Kau ingin disebut sebagai Pemuda. Maka kau tidak bisa berhenti dengan berbicara tentang perubahan. tapi kau harus melanjutkannya dengan membuat perubahan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer