Pecinta Alam atau Penikmat Alam

Apapun sebutannya, kalau itu di sematkan ke orang yang tiap bulannya pasti daki gunung, lewatin lembah, blusukan ke hutan, kedampar-dampar di pinggir pantai atau nongkrong sambil mancing di danau seharian, artinya aku emang gak pantes disebut pecinta alam atau penikmat alam.

Sampe umur 22 tahun, aku gak pernah daki gunung (yang ke dieng itu gak diitung ya, kan naik mobil -,-). Bukit kaba aja gak pernah. Kadang ngerasa hina sih kalo pas lagi kumpul temen sepermainan terus pada sombong ceritain pengalaman hidup mahabahaya mereka pas naik gunung. Saat mereka cerita kisah heroik mereka(termasuk eek gali tanah), pelan-pelan, aku mulai ngerasa lemah, gak idealis, gak mahasiswa banget, gak 'soe hok gie' banget, gak merdeka banget, dan gak gak lainnya yang menidentifikasikan kalau aku cuma mahasiswa standar, biasa aja, gak sejati-jati amat.

Atau yang pada ketagihan rafting, semua sungai di kiterin, liat comberan aja mata udah berbinar-binar. Nah saya? Niat mau sok turis, mandi diair terjun dengan selamat kandas setelah sadar kalo cincin 3 gram ilang diseret arus. Asyem.. asyem..

Balik lagi ke anak gunung yaa.. Aku kadang sulit ngebayangin perasaan apa yang mereka alamin pas tulang kaki udah retak retak sedangkan baru setengah perjalanan. Sulit ngebayangin ada yang sesak susah napas pas di puncak. Atau keribetan saat perut mules di tengah jalan.

Pas mereka lagi pada ngomongin soal gunung, mungkin ekspresi mukaku kayak :
"Nyari ketenangan dan kebahagian kok susah amat? sampe mesti ke puncak gunung."
atau mungkin balik lagi, itu sepenggal alasan yang keluar karena selera hidupku aja yang terlalu rendahan, yang kadung berbahagia pas di ajak mama ayah ke kondangan (rela pake kebaya sama high heels) cuma buat nyicipin makanan gratisan.
kamu aja tik yang terlalu sederhana menerjemahkan kebahagian, wooo.. *nunjuk cermin.

Tapi, kalau mau buka-bukaan. Mungkin aku gak akan pernah naik gunung karena faktor aku-sebagai orang yang terlalu 'kalau-kalauan'. Misal, gimana kalau ntar pas lagi daki kehirup gas beracun? Gimana pas daki kakiku keseleo, jatuh berguling guling ke lembah yang bisa berenti cuma pas kepala nabrak pohon, atau gimana kalo ada harimau, ular,laba laba beracun atau monyet gila? dan kalau kalau lainnya. Boro boro ke gunung.. lewatin portal fakultas aja aku takut, takut pas aku lewat dibawahnya, portalnya jatuh nimpa kepala. Gimana? gimana? Apalagi orang tua gak akan pernah kasih izin, gak bakal. Nah, jangan kan perkara naik gunung. Selama di jogja, aku di haramkan mama buat masak. Mama takut kompornya meledak. Dan semua peralatan masak yang baru berapa hari kepaksa aku wakafin ke temen temen kosan. Amit amit, cuma karena mau hemat masak aku ngelanggar larangan mama. Tapi sebenernya aku pinter masak, sungguh :p

Selama 3,5 tahun kuliah dan  1,5 tahun nganggur-kerja-nganggur, aku berkali kali dapat berita duka kalau anak ugm ada yang meninggal pas mereka di gunung, laut, atau sungai. Macem macemlah..

Tapi, bukan berarti aku anak mall juga, lantaran saban hari pasti ke mall. Mata pencaharian aja yang kebetulan ada disana. Muak juga sebenernya lama lama ke mall. Saking muaknya window shopping, kadang aku ke 'lokasi mata pencaharian' lewat lift belakang. Saking menghindari kerumunan orang dan barang.

Aku memang cuma sekedar orang yang gak punya impian mau naklukin gunung tertinggi, terbesar, terlebar, tercuram,  atau ter ter lainnya. Cukup liat mama sama ayah lagi makan kerupuk sambil nonton metro tivi aja aku udah bahagia.

Karena aku gak mungkin layak menyandang predikat pecinta alam.
Aku menjelmakan diri jadi pencinta mama dan ayah aja lah..
:)


Komentar

Postingan Populer