Akhirnya sembuh!(Herpes Zoster)

Ya, akhirnya setelah hampir 2 bulan, aku bisa kembali beraktifitas pake 2 tangan. Walapun masih sakit kalo ujung jarinya kesentuh.

9 minggu post transplant.
Aku juga udah operasi lepas selang CAPD dan DJ stein. Rasanya? Kaya mimpi!
Aku udah setahun lebih hidup dengan perut yang bawa air 2 liter kemana-mana. Setahun hidup dengan selang yang nyembul dari perut deket puser. Yang bikin aku gak bisa joged-joged, gak bisa pake baju yang aku suka, gak bisa tidur guling guling, gak bisa lepas was was tiap mandi. Aku juga udah gak perlu ganti kassa dua kali sehari buat perban exit site CAPD. Aku juga gak kram perut lagi, dan perutku gak kaya orang hamil 6-7 bulan lagi :) Rasanya bener bener mimpi.

Ada banyak banget rasa syukur yang mau ungkapin. Cuma sayang si tangan kanan masih sakit kalo dipake mencet keyboard. Tapi aku takut lupa kebahagian apa yang aku rasain sekarang. Yang bakal bikin aku terus bersyukur dan berterima kasih sama Allah.

Tiap ngaca aku selalu ngehela napas. Rasanya masih nggak percaya kalo hari yang dulu aku doakan adalah hari ini, hari saat aku liat perutku saat ini. Seminggu yang lalu sebelum transplant dengan begonya aku mandangin perutku di kaca. Ada kali sejam. Aku cerita sama siperut, si selang, kalau aku nggak bakal ngelupain apa yang udah kami lalui bersama Aku bersyukur mereka bergelantungan di hidupku(perutku) biar aku terhindar dari pernderitaan cuci darah pake mesin. Aku berterima kasih berkat selang dan buncit perutku ini aku bisa lebih mandiri, bisa 'bertingkah' layaknya orang sehat. Aku berterima kasih karena selama setahun pake, aku hampir gak ada masalah. Cuma diare sekali, kram seminggu 3 kali,dan hb yang susah naik. Selebihnya aku gak ada keluhan.

Sekarang aku tinggal tunggu si bekas jahitan bener bener kering, 5 hari lagi tepatnya, 2 minggu setelah operasi, aku bisa lepas kassa dan bisa mandi yang lamaaaaaaaaaaaaaaaa tanpa takut kassanya tembuh basah ke luka.


Seminggu ini aku udah balik masak sendiri. Yes, aku MASAK SENDIRI. Menunya sederhana sih, tapi yang penting aku bisa masak sekarang. Menu sederhana buat ginjal baruku. Pagi makan sereal campur susu+buah+kerupuk. Kerupuk? Iya, soalnya kerupuk itu makanan gak bergizi, tapi gak bikin gemuk. Ha! Siangnya Sup Nila+Kentang wortel, rebusan dimsum, buah, sama sambel+Kerupuk. Malamnya sama kayak siang, tapi dengan porsi stengah dari siang dan yogurt. Kalo kepengen goreng yah sesekali bandel makan tempe goreng, ikan goreng. Ha!

Untuk kerupuk. Satu satunya kerupuk yang gak bikin tenggorokanku gatal dan batuk adalah Kerupuk Mr. J 'Kerupuk Vegetarian'. Selain kerupuk seharga 19.000 ini, aku pasti batuk dan serak di tenggorokan. Padahal aku doyan banget kerupuk palembang, tapi ya sudahlah, untuk ada yang cocok. :)

Sebulan lalu aku gila banget makan sayur, semangkuk gede(gede banget, buat makan sekeluarga) abis sendiri sama aku. Padahal cuma direbus doang, Dari Baby Kailan, emak Kailan, Pak Choy, Caisim, Selada, Brokoli, Bunga kol aku embat. Kupikir kan bagus bagus aja aya, eh ternyata asam uratku naik 1 angka dari normal, Well, akhirnya aku diet purin lagi. Asam urat naik juga karena aku awal awal post op emang gila tempe banget, padahal dlu mah gak suka suka banget.





Poto diatas itu poto ilustrasi perutku pas ada selangnya ya. Tapi itu jelas bukan penampakan perutku. Perutku nggak serata itu pas ada selangnya. :( Jadi strugglenya aku selama setahun kebelakang adalah gimana siselang itu gak ketarik pas aku grasak grusuk. Tetep bersih biar gak infeksi. Dan percayalah, aku aja salut setahun ini bisa jaga siselang tanpa ada masalah berarti :D





Poto diatas adalah ilustrasi salah satu selang yang dicabut pas operasi kemaren. Selang dj stent itu yang digambarnya warnanya biru muda. Pertama kali bangun dari bius si dokter ada disisi kanan dan langsung bilang,"Mbak, ini dj stentnya ya.. bisa dibawa pulang untuk kenang kenangan". Aku masih setengah sadar terus ngebayangin temen temen seusia yang mungkin ketika sadar dari operasi dokternya bilang, " Mbak, ini anaknya ya, alhamdulillah sempurna, besok sudah bisa pulang, bareng anak nya. Ha! Ya, aku operasi melahirkan dj stent dan selang capd. Terima kasih.




Ya, ginjalku sekarang 3. Banyak yang ngira ginjalku yg rusak (2 )yang rusak dibuang. Jawabnya nggak, gak dibuang. Ya, ginjalku sekarang tiga. Ada yang nanya kamu cangkok ginjal 1 atau 2?Aku jawab 1, transplantasi cukup butuh 1 ginjal yang sehat. :)


Sekian dulu, nanti aku sambung lagi. :D



















Komentar

Postingan Populer